Cara sembuhin sendi gimana sik

Pernah ada orang yang mendatangi saya dan bertanya obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk carinya dimana ya…. Saya tidak tahu, malah bingung ditanya begitu. 

Udah gak ngeri banget, ya sudah dijawab  begitu. Saya hanya tukang bersih kalau ditanya obat sendi ya Blank dong. Entah, gak mudeng sama sekali. 

tapi satu pekan setelah itu saya bertemu dengan teman saya yang dokter. namanya zana. Kami pertama kali akrab saat dulu di jakarta. Dia orang minang. 

zana seorang dokter di salah satu RS besar di Jakarta. daripada saya, dia adalah dokter yang bisa saya tanya tentang apapun terutama tentang sendi. 

Katanya, sendi merupakan bagian penting bagi manusia. tanpa adanya sendi, akan sangat sulit bergerak. kenapa? karena sendi merupakan bagian penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat beraktivitas bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit ketika menekuk, berlari, dan mengerjakan aktivitas lainnya. 

hal demikian, kata zana, karena pada sendi terdapat cairan sinovial yang memiliki fungsi sebagai pelumas sehingga gerak tulang kita menjadi lancar dan tidak ada keluhan sama sekali. 

kemudian saya bilang lagi ke zana, “ Lalu bagaimana kalau cairan sinovial tidak ada?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, berkurang sedikit saja bisa menyebabkan sakit yang terasa sangat apalagi tidak ada. 

Itu mengapa peranan sendi itu sangat penting. saat sendi bebas bergerak, sendi bisa bergerak kemana saja sesuai keinginan. tapi kalau sudah sakit, rasanya pengen istirahat saja. pengen mager. 

memang benar saat sendi mengalami peradangan, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. mau apa saja susah dan terkendala. 

macam - macam kendalanya, ada yang bisa beraktivitas karena ringan, artinya masih bisa bergerak tapi terbatas. ada yang karena aktivitasnya terganggu total. geraknya sedikit sekali dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Karena mau apa juga bingung. hanya di tempat. semua serba terbatas. bergerak pun tidak nyaman. 

 

dan demikianlah peran penting sendi. rupanya sendi memiliki banyak hal penting untuk setiap kita masing - masing. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena tugas yang dijalankan sendi berjalan dengan baik. 

Ada banyak hal baik yang dapat kita lakukan dengan sendi. pengen pergi kemana ayo saja. 

Sendi sehat itu yang nomer satu. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak bisa diajak kerjasama. yang seharusnya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum kita bicara jauh tentang sendi, saya akan mengenalkan zana dahulu. Dengan latar belakangnya medis, saya yakin membantu banyak orang. 

zana orangnya baik banget. awal kali jumpa, orangnya humble dan lembut ketika senyum merekah. Apalagi jika sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya menjadi lebih manis dan menawan. 

Suara Zana lembut sekali, berbicaranya seolah berbisik padahal jelas. suaranya merdu dan menyejukkan. Kalau sudah berbicara, seolah angin yang menerpa wajah kita, nyess dengernya. 

Paras zana indah sangat bagai purnama yang terang benderang. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang meneduhkan, semakin dipadang semakin bergejolak kangennya, semakin tinggi kenangannya, semakin pula melibatkan hati yang ikut meleleh. 

Sentuhan tangannya lembut, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika menggapai punggung tangan, seolah meraih sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Pandai menengok orang tidak mampu, kemudian dari tangannya akan memberi tidak seberapa tapi amat berharga 

Kembali ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Ada banyak hal yang membuat sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan kali ini kita akan membahasnya sebagian. 

Ini Dia penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? misal pernah sakit sendi hanya saja tidak tahu apakah sakit yang dirasakan ialah sakit radang sendi atau bukan, kamu bisa mencari tahu pemaparan kawan saya ini berikut. 

Radang sendi biasanya menyebabkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya sakit seperti nyut - nyutan. Seakan darah hanya berhenti disitu, tidak ada siklus. 

Radang sendi sangat mungkin dialami siapapun. Baik tua, muda dan yang kuat atau lemah tetap mempunyai resiko mengalami peradangan sendi. 

Umumnya menyerang yang telah menginjak usia lanjut dan memiliki aktivitas berat. 

Yang usianya sudah sampai lanjut berarti orang tua yang usianya sudah diatas 50 tahun keatas. Jika tidak dijaga keseimbang bisa terkena radang sendi. 

Orang tua biasanya mudah terpeleset. Entah karena hal sepele atau karena kekuatan untuk menopang yang mulai menurun, akan tetapi mereka sangat mudah mengalami radang sendi ini. 

Selain orang tua, orang yang melakukan aktivitas berat juga punya potensi terkena radang sendi ini. Contoh sederhana orang yang menjadi atlet angkat besi. 

Bayangkan mengangkat berat segede itu yang bebannya bisa mencapai ratusan kilo tapi diangkat tanpa bantuan dan cuma pakai tangan saja. 

Kalau tidak tepat mengangkatnya bisa terkena radang sendi. Dan kalau benar kejadian rasa sakitnya luar biasa. 

Selain olahraga angkat besi, terdapat pula olahraga lari yang beresiko terkena radang sendi. Saat berlari sangat mungkin tiba - tiba terkena radang sendi. 

Pebasket juga begitu, punya potensi besar terserang radang sendi. Untuk itu harus hati - hati supaya terhindar dari radang sendi. 

Karena kalau sudah terkena r adang sendi, rasanya sakit dan mudah kambuhan. Siapa pun pasti menolak jika menderita sakit yang mudah kambuhan. iya kan?

Inilah makanMakanan Yang Baik Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, bukan hanya konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga merupakan salah satu untuk mengatasi sendi. 

Jika kita sering konsumsi makanan yang baik untuk sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, apapun yang ingin kita lakukan pun bisa terpenuhi tanpa kendala. Mau banyak kegiatan juga tetap mendukung. 

Jadi, jika selama ini kamu berpikir kalau makanan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. ternyata makanan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi suatu penyakit. 

Kalau kita sering konsumsi makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun pasti perlahan akan membaik dan terkondisikan. Makanan tersebut juga mengandung zat yang baik untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk ketahui apa saja makanan yang mendukung perbaikan untuk sendi. Semoga setelah kamu bisa membedakan jenis makanan apa saja yang baik untuk sendi, kamu dapat mulai mengkonsumsinya. 

Jangan sampai begitu mengetahui makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk mengonsumsinya. Lalu untuk apa jika seperti itu?. Pada akhirnya nanti akan menjadi sia - sia dan keluhan sendi pun akan semakin parah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan selalu berkeluh kesah seperti biasa kalau sendi sakit. sedikit - sedikit mengeluh dan mengaduh. Bahkan sampai kesakitan menahan sendi yang bermasalah tersebut akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Ini dia makanan yang mendukung nutrisi untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti jeruk, anggur, bluebery, strowebery dan jenis buah lainnya yang bagus untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

Senang banget.. konsumsi buah tapi bisa sekaligus mengobati dan mencegah sakit sendi. Enak seperti itu daripada harus minum obat banyak - banyak. Rasanya pahit, efek sampingnya ke ginjal juga mengkhawatirkan, dan lainnya

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Tinggal kita ke pasar atau tempat jual buah pasti ada dimana - mana. Jika kamu tinggal di area pegunungan, buah seperti strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Untuk jenis buah yang umum bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti tabulambot dan letakkan di pekarangan rumah. Biasanya tabulampot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan melalui proses cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena susu mengandung kalsium tinggi.

Terserah mau minum susu apa. mau susu kambing atau susu sapi semua sama saja kayaa akan kalsium tinggi. tapi untuk yang alergi laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa dengan begitu pencernaan kita akan mudah menerima dan tidak menyebabkan diare. lebih - lebih anak kecil, susu kambing cocok untuk usia tersebut. 

susu kambing juga kandungannya hampir setara asi. saran saja untuk para ibu yang anaknya masih memakai susu sambung, ada baiknya untuk memberikan susu kambing saja daripada susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, konsumsi vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat dibutuhkan tulang. Vitamin D memiliki fungsi untuk memperkuat tulang. 

 

Lalu dimana mendapatkan vitamin D?

jangan khawatir dimana mencari vitamin D karena bisa di dapat dengan sangat gampang dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D didapat dari sinar matahari. mudah bukan?!

Setiap pagi hari cobalah untuk keluar rumah dari jam 7 - 8 pagi, lalu berjemur pada rentang jam tersebut. 

Tips terbaik mendapat vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itu tadi cara untuk mengatasi keluhan sendi. sebelum mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk serta obat untuk masalah sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "Cara sembuhin sendi gimana sik"